Selasa, 12 September 2017

WASARI’U: ENGKAU MENGAJARI KAMI BERSEGERA, ANAKKU !


Oleh: Surono Abuhaidary*

Hari itu Ahad 10 September 2017, jadwalnya “meet and greet” sehingga putra sulungku bisa pulang ke rumah walau hanya 4 jam. Mungkin sudah sekitar 50 hari ia mondok di SMPIT LHI Boarding School. Yang kami, orang tua harapkan di awal-awal mondok ini adalah ia betah dan dalam kondisi sehat. Belum terfikir tentang hafalannya nambah berapa atau prestasi lainnya.

Sore itu menjelang Sholat Asar. Anak-anak mandi bergantian agar siap ke Masjid dan setelahnya bisa menghantar Kakak Sulung kembali ke pesantren LHI. Terakhir giliranku mandi, dari dalam Kamar Mandi terdengar suara adzan panggilan Sholat Asar dari Musholla Al Ikhlas yang berjarak sekitar 200 meter dari rumah. Walaupun cukup dekat, dari dulu kami terbiasa naik motor berboncengan; Saya, Si Sulung dan 2 adik laki-lakinya. Dan anak-anak biasanya tak bergerak meninggalkan rutinitasnya untuk pergi ke Masjid sebelum abi-nya mengajak.

Selesai mandi segera kupanggil anak-anak untuk segera naik motor ke Masjid karena sebentar lagi Iqomah. Namun ternyata Si Sulung sudah tidak ada di rumah. Ia sudah duluan berjalan kaki ke Masjid ketika tadi panggilan Adzan berkumandang. Bangga dan haru melihat  perubahannya, bersegera memenuhi panggilan Allah. Teringat Firman-Nya;

Bersegeralah menuju ampunan Tuhanmu dan surga yang luasnya seluas langit dan bumi, yang disediakan bagi orang-orang yang bertaqwa” (QS: Ali Imran; 133)

Terima Kasih anakku telah mengajari kami tuk bersegera memenuhi seruan Allah. Di masa depan nanti ini akan menjadi bekal bagimu tuk memenuhi seruan-seruan kebaikan lainnya. Penuhilah seruan Allah, seruan Rasul, seruan para Ulama yang akan semakin banyak membutuhkan jawaban nyata guna menghadapi kemunkaran yang semakin merajalela.

Terima Kasih LHI atas bimbingan dan didikannya. Sekarang kami tahu bedanya pendidikan karakter dengan sistem mondok (Boarding School) dengan yang tidak. Kami yakin ini hasil dari pembiasaan dan tauladan dari para Asatidz semua dalam rangka membangun Spiritual Literacy para santri agar siap mengahadapi zaman yang akan sangat berbeda dengan zaman kita.


*) Wali Santri SMPIT LHI angkatan IV, Muhammad Haidar Lathif

Artikel Terkait

WASARI’U: ENGKAU MENGAJARI KAMI BERSEGERA, ANAKKU !
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email