Selasa, 23 Agustus 2016

168 PAHLAWAN NASIONAL, SIAPA PAHLAWAN TERAGUNG INDONESIA?


Pahlawan Nasional ditetapkan dengan Keputusan Presiden. Namun dari sekian banyak pahlawan nasional tersebut, siapakah Pahlawan teragung yang dimiliki Bangsa Indonesia? Jawabanya, datanglah ke Monas. Monas adalah Monumen Nasional guna mengenang kemerdekaan Indonesia. Dibangun atas prakarsa Presiden Soekarno agar bangsa ini akan terus mengenang perjuangan para pahlawan merebut kemerdekaan.

Lihatlah, siapa yang berdiri di depan Monas? Patung Pangeran Diponegoro yang gagah menaiki kuda. Ya, Diponegoro, bukan yang lain, bukan pahlawan yang lain. Pangeran Diponegoro yang memimpin perang jawa atau perang sabil yang hampir-hampir membangkrutkan penjajah belanda.

Patung Pangeran Diponegoro yang bergamis dan bersorban, seorang pahlawan sekaligus ulama, menaiki kudanya yang gagah sambil menunjuk ke Istana Kepresidenan, seolah menyampaikan pesan kepada siapa saja yang duduk di istana; "Hai, Presiden Indonesia, Kamilah para pahlawan syuhada bangsa yang mengorbankan darah dan nyawa untuk memerdekakan negeri ini. Teruskanlah perjuangan kami!"

Ya, tanpa sebuah SK tertulis, bangsa ini pun akan tahu siapa Pahlawan teragung bangsanya, karena telah diprasastikan di Monas oleh ir. Soekarno untuk anak cucu penerus bangsa, pahlawan itu adalah Pangeran Diponegoro!


#RI71

Artikel Terkait

168 PAHLAWAN NASIONAL, SIAPA PAHLAWAN TERAGUNG INDONESIA?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email